BJI Sukabumi Raya-PGMI Siap Kawal dan Jaga Marwah Madrasah

BJI Sukabumi Raya-PGMI Siap Kawal dan Jaga Marwah Madrasah
Ketua BJI Presidium Sukabumi Raya, Budhy Lesmana (kiri) dan Ketua PGM Indonesia Kabupaten Sukabumi, H. Ferri Setiawan.

Wartawan Muzayin Aripin

Dua organisasi besar yang berkiprah di Sukabumi mendukung dan menyatakan siap untuk mengawal dan menjaga marwah (kehormatan dan kemuliaan) madrasah. Dengan menjaga marwah madrasah, pendidikan di madrasah bisa lebih fokus pada pembentukan generasi muda yang menguasai iptek, bermoral, dan beriman.

Organisasi dimaksud adalah Perkumpulan Guru Madrasah Indonesia (PGMI) dan Kebangkitan Jawara dan Pengacara/Bang Japar Indonesia (BJI). Ketua PGMI Kabupaten Sukabumi, H. Ferri Setiawan mengatakan, organisasi yang dipimpinnya merupakan wadah aspirasi dan pemersatu para guru madrasah serta bertugas menyampaikan kepentingan anggotanya kepada semua pemangku kepentingan, terutama pemerintah pusat dan pemda.

“Sejalan dengan tugas dan fungsinya, PGMI akan terus menjaga dan mengawal marwah madrasah. Salah satu langkah real yang kami lakukan adalah memenuhi hak para guru madrasah dan mendorong mereka untuk memenuhi kewajibannya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa,” ujar Ferri ketika dihubungi wartawan, Rabu (6/3/2019).

Guru madrasah, ujar dia, masih menghadapi berbagai kendala yang menghambat pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya. Selain penghasilan yang masih rendah, mereka kerap dibayang-bayangi rasa was-was dan hawatir karena diganggu oleh oknum yang datang ke madrasah dengan mengatasnamakan  organisasi dan kelompok tertentu. Oknum dari kelompok tersebut sering mengganggu kelangsungan kegiatan belajar mengajar di madrasah.  

“Berkaitan dengan hal tersebut, kami bersinergi dan bekerja sama dengan berbagai pihak dan stakeholder di antaranya Ormas BJI Sukabumi Raya,” jelas dia.

Kerja sama yang terjalin, lanjut Ferri, selain untuk menghadapi oknum-oknum pengganggu tersebut juga yang paling penting adalah mengawal dan mengembalikan marwah madrasah dan guru madrasah.

“Guru madrasah mempunyai tugas mulia yakni mencerdaskan anak bangsa dan menjadi garda terdepan untuk membentengi akhlak dan moral generasi penerus bangsa Indonesia,” ujar dia.

Sementara itu, Ketua BJI Presidium Sukabumi Raya, Budhy Lesmana menyatakan, dalam upaya mengawal dan menjaga marwah madrasah, jajarannya akan berupaya untuk menghilangkan segala bentuk tekanan dan intimidasi yang dialami madrasah dan guru madrasah. Salah satu syarat pulihnya kehormatan madrasah adalah lembaga pendidikan berbasis agama ini harus terbebas dari gangguan oknum-oknum intimidator.

“Kami harapkan,  tidak ada lagi oknum atau pihak dari mana pun yang mencoba untuk melakukan tekanan, intimidasi, atau pungutan liar yang tidak bertanggung jawab kepada madrasah termasuk kepala dan guru madrasahnya,” kata Budhy. (*)

Sumber Berita: Pelita Sukabumi

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below